Konglomerasi Media

 

  1. EKONOMI POLITIK DAN MEDIA DI INDONESIA

Indonesia memiliki beberapa dimensi dalam politik media yang terjadi.

  • menggunakan model propaganda dari Herman dan Chomsky tahun 1988 dan Bagdikian tahun 2004 untuk menganalisis dinamika industri media dan pemberntukan konten media yang akan dianalisa untuk menemukan penjelasan atas ketegangan yang terjadi antara pembangunan ranah publik dan kontestasi atas pengadilannya.
  • menggunakan gagasan dari Mansell mengenai hubungan antara kekuasaan dan media baru (Mansell dalam Nugroho, 2012) untuk menjelaskan situasi ekonomi politik saat ini dalam pembangunan industri media di Indonesia. Pengaruh terbesar dalam perubahan lanskap industri media salah satunya ialah dinamika ekonomi politik di Indonesia.
  • iset yang dianalisis banyak berputar di sekitar gagasan bahwa media adalah alat yang sangat kuat untuk membentuk opini publik. Keempat, Terjadinya reformasi pada tahun 1998 mempunyai pengaruh yang besar pada sektor media, sehingga membuatnya berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Dapat dikatakan hal tersebut terjadi karena hasil kebebasan pers dan demokratisasi yang membuat sektor pasar berkembang.

 

Perkembangan internet dan media baru turut mengubah corak sektor media di Indonesia. Hal ini dapat dilihat sebagai ‘trajectory of obsolescing’ (McLuhan, 1964) di mana medium baru meluas dengan menggeser medium sebelumnya sehungga kehadiran medium baru dapat mempengaruhi prilaku masyarakat terhadap informasi. Kemunculan teknologi media baru memunculkan bentuk baru dari demokrasi bukan hanya untuk melihat medium baru sebagai sebuah pesan baru melainkan memahami sejauh mana ia menyadari ruang bagi publik untuk mengekspresikan pemikirannya dan untuk terlibat dalam komunikasi yang demokratis. Pemahaman tentang hal ini cukup penting karena ranah publik adalah sebuah kondisi yang harus ada di dalam masyarakat demokrasi yang sehat, yang diinginkan oleh masyarakat.

 

  1. INDUSTRI MEDIA DI INDONESIA
Advertisements

One thought on “Konglomerasi Media”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s