FILM

Sejarah Perkembangan Film

Film yang sekarang selalu dinanti-nanti karena cerita yang bagus, kualitas gambar yang baik, dan efek yang mengagumkan, melalui proses yang cukup panjang hingga menghasilkan kualitas film yang seperti sekarang ini. mulai dari kumpulan gambar atau foto yang dibuat seolah bergerak, film tanpa suara, hingga akhirnya seperti sekarang ini. Berikut akan dibahas lebih detail.

Dagguerrotype

Cara perekaman melalui alat ini adalah dengan merekam gambar pada lembaran yang dilapisi “iodide perak” yang dalam kurun waktu 15-20 menit cairan perak akan membentuk sesuai dengan objek yang diambiL.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/57/Susse_Fr%C3%A9re_Daguerreotype_camera_1839.jpg/377px-Susse_Fr%C3%A9re_Daguerreotype_camera_1839.jpg

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/57/Susse_Fr%C3%A9re_Daguerreotype_camera_1839.jpg/377px-Susse_Fr%C3%A9re_Daguerreotype_camera_1839.jpg

Eadward Muybridge

Eadward Muybridge mengambil 16 gambar kuda pada saat pacuan kuda yang kemudian 16 foto tersebut digerakkan dan menjadi gambar bergerak pertama. Adapula gambar bergerak lainnya, seperti orang sedang menari.

https://i1.wp.com/cdn5.filmsnotdead.com/wp-content/uploads/2013/04/EadweardMuybridgeHorseinmotion.jpg

http://cdn5.filmsnotdead.com/wp-content/uploads/2013/04/EadweardMuybridgeHorseinmotion.jpg

https://i0.wp.com/galerijafotografija.si/media/website/2015/07/Eadweard-Muybridge.-The-Human-and-Animal-Locomotion-Photographs1.jpg

http://galerijafotografija.si/media/website/2015/07/Eadweard-Muybridge.-The-Human-and-Animal-Locomotion-Photographs1.jpg

 

Kamera Kinestokop

Kamera kinestokop adalah kamera pertama yang digunakan untuk menampilkan gambar bergerak. Kamera ini ditemukan oleh Thomas Alva Edison.

Lumiere Louis

Lumiere bersaudara mempertunjukkan karya sinema di khalayak umum untuk pertama kalinya pada 28 Desember 1895. Film-film pendek yang dipertontonkan bercerita tentang keseharian kehidupan di Prancis. Judul film mereka adalah “Workers Leaving the Lumiere Factory”. Pemutara film di Grand Café ini dianggap sebagai awal mula lahirnya industri perfilman.

Film pertama yang diselenggarakan di New York

Thomas Alva Edison pada tahun 1896 pun menggelar bioskop.Namun begitu, pertunjukkan Lumiee bersaudara lah yang paling diakui secara internasional. Bioskop di New York ini membuat di kota-kota lain juga mulai menggelar bioskop, seperti di Inggris, Uni Sovyet, Jepang, Korea, dan Italia.

Film Bersuara Pertama

Film bersuara pertama kali di gelar di studio Warner Brothers dikarenakan kondisi studio yang hampir merugi.

https://i2.wp.com/www.presspassla.com/wp-content/uploads/2015/11/warner-brothers-studios.jpg

http://www.presspassla.com/wp-content/uploads/2015/11/warner-brothers-studios.jpg

 

 

A Birth of Nation

Pada tahun 1918, Melies muncul dengan film yang memiliki adegan kejar-kejaran yang identik dengan komik. Dari sini dunia perfilman mulai mengenal scenario editing. Kemudian oleh D. W. Griffith adegan kejar-kejaran dikembangkan dan perfilman mulai mengenal peralihan ruang.

 

Badan HUAC

Badan HUAC adalah badan di bawah pimpinan McChartysme . Badan ini bertugas menyelidiki adanya penganut komunis dalam pembuatan film dan memenjarakan serta menghilangkan pekerjaan kaum komunis.

https://hetzelnhd.files.wordpress.com/2014/01/wpid-huac-1.jpg?w=474

https://hetzelnhd.files.wordpress.com/2014/01/wpid-huac-1.jpg

Paramount Producer

Paramount production terbentuk pada tahun 1950 dengan peran menyiarkan acara serial TV. Namun pada tahun 1966 Paramount production mengalami kebangkrutan yang mengakibatkan peralihan oleh Gulf and Western yang kemudian mengeluarkan serial TV pertama berjudul Here’s Lucy. Kemudian pada tahun 1989 Gulf dan Western bersama kolega-koleganya mengeluarkan debut serial TV yang berjudul Sabrina The Teenager Witch.

VCR/DVD

VCR adalah alat elektronik yang digunakan untuk merekam video dan audio. VCR dibuat oleh Charles Ginsburg pada tahun 1951. DVD adalah alat cakram optic yang dgunakan untuk menyimpan video dan audio dengan kualitas tinggi.

Advanture in Music : Melody

Adventure in Music : Melody adalah fim animasi 3D pertama yang pernah mengudara. Film ini merupakan hasil karya dari Walt Disney yang menceritakan dengan kehidupan burung yang dikemas dengan musikal. Film ini berhasil tayang di bioskop-bioskop pada tahun 1953.

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/12/20/5c/12205cc6e8e1c67d757b137cad21040b.jpg

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/12/20/5c/12205cc6e8e1c67d757b137cad21040b.jpg

 

Pengaruh Terkini Teknologi komunikasi Terhadap Perkembangan Film

  1. Pembuatan Film Digital

Pembuatan film sudah menjadi hal yang biasa dan teknologi dapat menjadi pengaruh besar dalam pembuatannya seperti kamera digital dan efek. Banyak pengeluaran dana dalam pembuatannya. Pada saat ini kebanyakan pembuatan film secara digital telah membuat efek khusus yang luar biasa dari yang tidak mungkin menjadi mungkin namun kelemahannya adalah pada biaya produksi yang sangat mahal.

Menurut data dari Motion Picture Association of America (MPAA) yang dikutip Guider (2004) menjelaskan bahwa rata-rata biaya produksi dan pemasaran film Hollywood pada tahun 2005 meningkat 15% dari tahun sebelumnya, dan mencapai rekor setinggi $103 juta (Staenly, 2012). Hal ini menunjukkan bahwa produksi film Hollywood mengandalkan efek khusus untuk meningkatkan kreativitas produksi mereka walaupun biaya yang dibutuhkan sangat besar.

https://www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/06/visual-efek-film-sebelum-dan-sesudah-27e.jpg

 

https://www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/06/visual-efek-film-sebelum-dan-sesudah-27e.jpg

 

  1. Distribusi Film Digital Untuk Bioskop

Dulu pendistribusian dilakukan dengan mengirim ratusan kopi seluloida film dan dimasukkan kedalam kaleng logam besar kemudian dikirim ke bioskop-bioskop seluruh negara. Setiap cetaknya dihargai $2.000. Namun saat ini film juga bisa dikirim melalui kepingan kaset atau melalui satelit elektronik bahkan melalui internet. Penggunaan teknologi yang modern sangat memudahkan banyak aspek, mulai dari berkurangnya biaya pengiriman, mengurangi resiko seluloida film yang rusak, hingga waktu yang jauh lebih efisien daripada pengiriman yang masih tradisional.

 

  1. Distribusi Digital Kerumah

Perkembangan jaman menawarkan kesempatan pada konsumen sehingga konsumen mampu untuk mengunduh film ke komputer di rumah. Seperti  Apple TV, AOL, MovieLInk, iTunes, dan Amazon.com adalah beberapa metode yang menjadi modal pengiriman film ke rumah-rumah

     3. Digital Proyeksi

Beberapa perusahaan termasuk Kodak harus meningkatkan proyektor digital dan berusaha terus meningkatkannya namun sebagian besar pabrik alat ini masih belum ada. Salah satu masalah terbesarnya adalah memastikan bahwa proyektor digital sesuai dengan warna dan ketajaman yang ada dalam pada proyektor digital sistem dan harus menghabiskan biaya sekitar $150,000. Mereka memperdebatkan bahwa studio dan distribusi harus menanggung akibatnya karena mereka yang nantinya akan mendapatkan uang. Pemilik menunjukkan bahwa untuk beberapa tahun kedepan mereka akan meningkatkan biaya karena mereka harus menyediakan kedua versi yaitu film digital dan tradisional sebagai teknologi baru yang diterapkan.

Pada pertengahan 2007 hanya terdapat 2200 dari 37000 layar film yang dilengkapi dengan digital proyeksi. Seiring berjalnnya waktu hal ini menjadi berubah,  namun berkat kesepakatan antara pemilik bioskop dan studio pada 2006 mengumumkan rencana mereka kedepannya bahwa pemilik studio film harus membayar biaya kepada pemilik bioskop di setiap film yang mereka produksi dalam rangka membiayai biaya pemasangan perlengkapan digital.

      4. mobile Film

Film mungkin menjadi bagian kecil dari media komunikasi massa. Masyarakat sering membayangkan bahwa film hanya mampu dilihat pada halaman yang luas dengan layar yang lebar. Namun, pada perkembangan era digital yang terus meningkat ini memberikan banyak kemungkinan baru. Seperti mobil-mobil yang memasang layar video sehingga penumpang bisa menonton DVD selama perjalanan. Selain itu beberapa pengusaha menonton film pada handphone mereka. Di Swedia, bioskop meriliis film pada ponsel sebelum menayangkannya pada bioskop.

Promosi Film

Promosi adalah usaha menawarkan produk atau jasa kepada konsumen agar konsumen mau untuk membeli atau menggunakannya. Film juga dibuat dengan berdasarkan kalkulasi untung dan rugi, sehingga melihat selera pasar dan segmentasi pun harus dicermati. Biaya tentu perlu diperhitungkan dalam proses ini. Terdapat beberapa cara untuk mempromosikan film, antara lain:

 

  • Poster

Poster film biasanya berisikan gambar para pemainnya, nama-nama aktor/aktris, serta tanggal tayang di bioskop yang biasanya ditempel pada tempat-tempat yang ramai masyarakat. Hal ini bertujuan agar dapat menarik masyarakat untuk melihat poster tersebut.

  1. Roadshow

Roadshow biasanya adalah kegiatan atau aktivitas kru dan tim produksi film yang mendatangi beberapa lokasi untuk mensosialisasikan film mereka yang akan tayang di layar lebar kepada penonton secara langsung. Kegiatan meet and greet juga kerap dilakukan untuk menambah agenda roadshow.

 

3. Sosial Media

Pada generasi saat ini kegiatan promosi tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya karena dengan internet tim promosi mampu mempromosikan filmnya hingga menjangkau semua wilayah, baik dalam maupun luar negeri. Dengan kemudahan yang ditawarkan, film yang promosinya dapat langsung diketahui calon penonton, tanpa harus datang ke tempat tertentu. Ditambah lagi dengan memanfaatkan ketenaran aktor/aktris yang bermain di film tertentu.

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “FILM”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s