TELEVISI SIARAN DAN PERKEMBANGANNYA

kom111.pngSejarah Perkembangan televisi

Televisi itu sendiri adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima gambar maupun suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele “jauh” dari bahasa Yunani dan visio “penglihatan” dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”

Pada tahun 1928 Vladimir Zworykin seorang perintis penemuan televisi asal Rusia bergabunga dengan Westinghouse dan pindah ke RCA mengembangkan iconoscope (camera tube). Kemudian di tahun 1939, Zworykin pada pertamakalinya mendemonstrasikan televisi secara publik pada acara World’s Fair. Tahun 1945, diciptakan kamera televisi yang lebih mumpuni dan ukuran layar yang lebih besar. Tiga tahun kemudian 1948 Frieda Hennock merupakan wanita pertama yang menjalani tugas dibalik layar televisi, dan tahun 1950an, terdapat empat stasiun televisi yaitu CBS, NBC, ABC, dan DuMont.

Pada tahun 1956 mulailah muncul televisi berwarna yang diawali oleh NBC. Kemudian munculah televisi berbasis jurnalisme dan noncommercial broadcasting berkembang pada era ini dilanjutkan pada tahun 1970 masyarakat mendapatkan dampak baik dari munculnya televisi dan pada 1980-1990an karena adanya perhatian dari masyarakat, terjadilah persaingan antar perusahaan televisi.

Televisi terus mengalami perkembangan dan di era 2000an pengguna televise kabel mulai meningkat pesat. Pada tahun 2003 hingga sekarang televise terus berkembang dengan teknologi yang semakin canggih seperti HDTV, LCD TV, televisi plasma, bahkan ada televisi super tipis dan masih banyak lagi.

Kepemilikan Jaringan Siaran terbesar

  • NBC UNIVERSAL yang dipegang oleh Generic Electric

 

kom4
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/7/72/NBC_Universal.svg/1280px-NBC_Universal.svg.png
  • ABC yang di pegang oleh Walt Disney Company
kom5
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e8/Disney-ABC.png
  • FOX yang diatur oleh Rupert Murdoch’s New Corparation

 

kom6
https://i.ytimg.com/vi/is0FtfiMP7U/maxresdefault.jpg
  • CBS yang digabung dengan Rupert Murdoch’s New Corparation
kom7
https://www.nyse.com/publicdocs/nyse/events/images/CBS_web_1920.png
  • Warner Broadcasting Network dipegang oleh Time warner
kom8
https://www.warnerbros.com/sites/default/files/TVGROUPCOLOR_LOCL_POWERPT.png

Perkembangan Televisi di Indonesia

Perkembangan televisi di Indonesia sangat cepat. Dahulu televisi berupa kotak kayu yang cukup besar dan membutuhkan daya yang besar untuk menyalakannya itupun berupa televisi hitam putih. Tetapi sekarang kita bisa temukan berderet televisi yang sudah sangat tipis dengan ukuran dari yang kecil 20 inch sampai yang super besar 75 inch, inilah yang di sebut pada umumnya dengan TV LED. TV ini sangat hemat energi karena untuk menyalakannya hanya butuh beberapa watt saja.

Pemancar televisi tidak bisa di pisahkan dengan penerima televisi karena siaran yang kita saksikan di layar kaca adalah gelombang/sinyal televisi yang di pancarkan oleh stasiun pemancar yang kita tangkap melalui sebuah antena. Pada awalnya stasiun yang sudah sangat familier di telinga kita adalah stasiun TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang berdiri pada tahun 1962. Pada saat itu siaran yang di tampilkan adalah berupa siaran siaran pedesaan,  berita dan hiburan.

Selama 27 tahun di Indonesia hanya satu stasiun televisi saja yaitu TVRI, akhirnya pada tahun 1989 di izinkan televisi swasta pertama yaitu RCTI (Rajawali Citra Televisi).

Berikut adalah Urutan Berdirinya Stasiun Televisi Nasional Milik Indonesia

  • TVRI (Televisi Republik Indonesia) 1962

kom9

  • RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) 1989

kom10

  • TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) sekarang lebih dikenal dengan MNC TV 1991

kom11

  • SCTV (Surya Citra Televisi) 1993

kom12

  • ANTV (Andalas Televisi) 1993

kom13

  • Metro TV tahun 2000

kom14

  • TRANS 7 tahun 2001

kom15

  • TRANS TV tahun 2001

kom16

  • Lativi yang sekarang lebih dikenal dengan TV ONE tahun 2002

cor4

 

  • Global Tv tahun 2002

kom17

 

  • NET TV tahun 2013

kom18

Progam Televisi

  1. Berita Keras (Hard News)

Berita keras (hard news) adalah segala informasi penting dan menarik yang harus segera disajikan oleh media penyiaran agar dapat diketahui khalayak audien secepatnya.

Hard News itu sendiri dibagi dalam beberapa bentuk progam

  • Straight News

Berita yang sangat terkait dengan waktu (deadline) karena berita ini akan cepat basi jika tidak disampaikan secepatnya kepada audien. Seperti berita pengumuman pemenang Presiden Indonesia 2014.

 

kom19
http://www.repelita.com/wp-content/uploads/2016/04/Jokowi-dan-JK-melihat-hasil-rekapitulasi-hasil-penghitungan-suara-nasional-di-KPU.jpeg
  • Feature

Feature adalah berita ringan (soft news) namun menarik, “menarik” disini adalah informasi yang lucu, unik, aneh, menimbulkan kekaguman, dan sebagainya. Tidak terlalu terikat dengan waktu penayangan, namun karena durasinya singkat (kurang dari lima menit) dan ia menjadi bagian dari program berita, maka feature masuk ke dalam kategori hard news. Jika feature terkait dengan peristiwa penting atau terkait dengan waktu harus segera disiarkan dalam suatu program berita disebut dengan news feature.

kom20
http://image.iyaa.com/article/2016/10/__icsFiles/afieldfile/2016/10/17/selamatpagi-trans7-rio-annisapohan.jpg

 

  • Infotainment

Infotainment adalah salah satu bentuk berita keras karena memuat informasi yang harus segera ditayangkan. Program berita reguler terkadang menampilkan berita mengenai kehidupan selebritis yang biasanya disajikan pada segmen akhir suatu program berita.

kom21
http://image.iyaa.com/article/2016/06/__icsFiles/afieldfile/2016/06/24/inserttranstv.jpg

 

  1. Berita Lunak (soft news)

Soft news adalah segala informasi yang penting dan menarik yang disampaikan secara mendalam namun tidak bersifat segera ditayangkan. Program yang masuk ke dalam kategori berita lunak adalah :

  • Current Affair

Program yang menyajikan informasi terkait dengan suatu berita penting yang muncul sebelumnya namun dibuat secara lengkap dan mendalam, cukup terikat dengan waktu. Batasannya adalah bahwa selama isu yang dibahas masih mendapat perhatian khalayak maka current affair dapat disajikan. Misalnya, program yang menyajikan cerita mengenai kehidupan masyarakat setelah ditimpa bencana alam dahsyat, seperti gempa bumi atau tsunami.

kom22
https://mymoen.files.wordpress.com/2009/12/bencana-gempa-dan-tsunami-di-aceh-tahun-2004.jpg
  • Talk Show

Program talk show atau perbincangan adalah program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu dipandu seorang pembawa acara (host). Mereka yang diundang adalah orang-orang yang berpengalaman langsung dengan peristiwa atau topik yang diperbincangkan atau mereka seorang ahli dalam masalah yang tengah dibahas.

kom23
http://ifun88.com/wp-content/uploads/2016/07/ini-talk-show.jpg
  • Dokumenter

Dokumenter adalah program informasi yang bertujuan untuk pembelajaran dan pendidikan namun disajikan dengan menarik.  Misalnya, menceritakan mengenai suatu tempat, kehidupan atau sejarah seorang tokoh, kehidupan atau sejarah suatu masyarakat (misalnya suku terasing) atau kehidupan hewan di padang rumput dan sebagainya. Suatu program dokumenter adakalanya dibuat seperti membuat sebuah film sehingga sering disebut dengan film dokumenter.

 

  1. Program Hiburan

Program hiburan adalah segala bentuk siaran yang bertujuan menghibur audience dalam bentuk musik, lagu, cerita, dan permainan. Program yang termasuk dalam kategori hiburan adalah drama, permainan (game), musik dan pertunjukan.

  • Film

Televisi sering menayangkan film sebagai salah satu jenis program yang masuk dalam kelompok atau kategori drama. Adapun yang dimaksud film di sini adalah film layar lebar yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan film. Film baru bisa ditayangkan di televisi setelah terlebih dahulu dipertunjukan di bioskop atau bahkan setelah film itu didistribusikan atau dipasarkan dalam bentuk VCD atau DVD.

kom26
https://sgcdn.detik.net.id/detik2/bioskoptrans/img/landingpage-bioskoptranstv_01.jpg

 

 

  • Quis Show

Merupakan program televisi dimana peserta bermain dalam menjawab pertanyaan yang di sediakan

kom27
http://3.bp.blogspot.com/-WT4TeslRm-A/VOQLqHJNDMI/AAAAAAAAsU4/7_6nnMxDuIM/s1600/02162016%2BQS%2B0.JPG

 

  • Reality Show

Reality show, sesuai dengan namanya maka program ini mencoba menyajikan suatu situasi seperti konflik, persaingan atau hubungan berdasarkan realitas yang sebenarnya, menyajikan situasi sebagaimana apa adanya. Dengan kata lain, program ini mencoba menyajikan suatu keadaan yang nyata mungkin tanpa rekayasa. Namun pada dasarnya reality show tetap merupakan permainan (game).

kom28
http://www.wowkeren.com/images/news/00097057.jpg

 

  • Sinetron (Sinema Elektronik).

Sinetron merupakan drama yang menyajikan cerita dari berbagai tokoh secara bersamaan. Masing-masing tokoh memiliki alur cerita mereka sendiri-sendiri tanpa harus dirangkum menjadi suatu kesimpulan. Akhir cerita sinetron cenderung selalu terbuka dan sering kali tanpa penyelesaian (Open-ended). Cerita cenderung dibuat berpanjang-panjang selama masih ada audien yang menyukainya.

kom29
https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/02/19/43874/178203-sinetron-luar-negeri.jpg
  • Pertunjukan

Pertunjukan adalah program yang menampilkan kemampuan seseorang atau beberapa orang pada suatu lokasi baik di studio ataupun di luar studio, di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Jika mereka yang tampil para musisi, maka pertunjukkan itu menjadi pertunjukkan musik, dan lain-lain.

kom30
http://www.rcti.tv/images-xfactorindonesia//headlines/1434427613_xfi_web.jpg
Advertisements

One thought on “TELEVISI SIARAN DAN PERKEMBANGANNYA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s