RADIO

PERKEMBANGAN RADIO SECARA TEKNOLOGI

Pada awalnya siaran pada radio disalurkan melalui gelombang data yang berupa modulasi amplitudo (AM), yang bekerja dengan cara memadukan gelombang audio dengan gelombang radio. Kemudian seiring perkembangan waktu, disalurkan melalui modulasi frekuensi (FM). Proses pengiriman sinyal ini disebut dengan analog. Hingga akhirnya pada era digital ini, radio memiliki perkembangan yang cukup pesat, hal ini ditandai dengan terdapatnya radio internet, HD Radio, dan lain sebagainya.

2
https://hdradio.com/get-a-radio/new-car/mazda

Pada tahun 1916 Dr. Lee De Forest yang berasal dari Amerika Serikat menemukan radio, yang kemudian disebut sebagai The Father Of Radio.  Kemudian pada tahun 1919, Dr. Frank Conrad berhasil mengadakan eksperimen dengan cara menyiarkan musik. Pada tahun 1920, warga Amerika Serikat sudah dapat mendengarkan siaran radio.

3
http://ethw.org/Frank_Conrad
4
http://www.biography.com/people/lee-de-forest-9269729

Pada tahun 1933, Prof. E.H. Amstrong memperkenalkan modulasi frekuensi (FM), yang memiliki kelebihan antara lain:

  • Berhasil menghilangkan gangguan, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca, cahaya matahari, alat listrik, serta 2 stasiun yang bekerja pada gelombang yang sama.
  • Suaranya terengar lebih jelas dan jernih.
5
http://www.nj2x.com/2015_06_01_archive.html

 

MENDEFINISIKAN FITUR RADIO

Radio portabel adalah seperangkat radio yang bisa dan mudah dibawa kemana-mana, seperti dibawa ketika berolahrga dan lain sebagainya.

6
http://www.ignition3.com/development/miss-the-walkman-yeah-me-neither.html

Radio adalah universal. Hampir setiap orang yang sudah berumah tangga, akan memiliki setidaknya satu radio, di dalam mobil pun juga terdapat radio, selain itu handphone kini juga dilengkapi dengan fitur radionya.

7
jalantikus.com/tips/fitur-android-yang jarang-digunakan/

Radio bersifat selektif. Selain memiliki format yang menarik para pendengar, radio juga menentukan jenis pendengar sehingga disesuaikan dengan jenis acaranya pula.

PERKEMBANGAN RADIO DI INDONESIA

Seiring berjalannya waktu, radio di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berikut adalah perkembangan radio di Indonesia, dimulai pada jaman kolonial.

  • Zaman Hindia-Belanda

Bataviasche Radio Vereeneging (BRV) merupakan radio siaran pertama di Hindia Belanda. Berdiri pada tanggal 16 Juni 1925. Setelah BRV berdiri, mulai bermunculan badan penyiaran radio, seperti Nederlandsch Indische Radio Omroep Mij (NIROM) di Jakarta, Bandung, dan Medan. Sementara di Surakarta berdirilah Solossche Radio Vereeneging (SRV) yang merupakan pelopor munculnya radio pertama yang diusahakan oleh bangsa Indonesia, didirikan oleh Mangkunegoro VII dan Sarsito Mangunkusumo pada tanggal 1 April 1933. Sedangkan di Yogyakarta berdirilah YogyakaYMataramse Vereeneging Noor Radio Omroep (MAVRO).

7
NIROM https://ahlulbaitnabisaw.blogspot.com/2016/03/ketika-siaran-azan-diprotes-menyiarkan.html

Sementara itu pada tanggal 29 Maret 1937 didirkanlah PPRK (Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran) di Bandung, oleh M. Sutajo Kartohadikusumo dan Sarsito Mangunkusumo. Tujuan didirikannya PPRK ini adalah untuk memajukan kesenian dan kebudayaan nasional guna kemajuan rohani dan jasmani masyarakat Indonesia.

  • Zaman Jepang

Pada zaman penjajahan Jepang, perkembangan radio mengalami kemunduran, karena pemerintahan Jepang mengatur dengan ketat penyelenggaraan radio. Selain itu Jepang juga mendirikan Hoso Kanri Kyoku yang merupakan pusat radio siaran yang berkedudukan di Jakarta. Sedangkan Hoso Kyoku yang merupakan cabang dari Hoso Kantri Kyoku didirikan di Bandung, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Pada waktu itu radio digunakan untuk kepentingan militer Jepang, namun kebudayaan dan kesenian maju secara pesat. Karena rakyat mendapatan kesempatan untuk mengembangkan kebudayaan serta kesenian Indonesia, sehingga banyak melahirkan seniman-seniman baru.

8
Hoso Kanri Kyoku https://ahlulbaitnabisaw.blogspot.com/2016/03/ketika-siaran-azan-diprotes-menyiarkan.html
  • Zaman Kemerdekaan

Pada tanggal 10 Septermber 1945 orang-orang yang berkecimpung di bidang radio berkumpul untuk membahas permasalahan mengenai masalah radio siaran yang belum berfungsi dengan baik. Hingga pada akhirnya pada tanggal 11 September 1945 didirikanlah Radio Republik Indonesia (RRI). Pada waktu itu RRI baru memiliki 8 stasiun yang terdapat di 8 daerah di Jawa (bekas Hoso Kyoku). Inti siaran RRI pada waktu itu adalah mengenai merebut, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan adalah dengan menggelorakan semangat kejuangan.

  • Zaman Orde Baru

Hingga pada akhir tahun 1966, hanya RRI radio satu-satunya di Indonesia. Peralihan dari Orde Lama ke Orde Baru merupakan langkah yang baik bagi orang yang memiliki hobi siaran amartir untuk mengadakan siaran. Radio amartir adalah seperangkat pemancar radio yang dipergunakan untuk berhubungan dalam percakapan. Hingga akhirnya dibuat PP No.21 Tahun 1967, mengenai amateurisme. Radio-radio amatir tergabung dalam Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI).

Pada tahun 1970 dibuatlah Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 1970 tentang Radio Siaran Non-Pemerintah.Dalam peraturan itu ditentukan bahwa radio siaran non-pemerintah harus berfungsi sosial, yaitu sebagai alat pendidikan, penerangan, dan hiburan.

Kini RRI telah ditunjang oleh Multi Media Training Center (MMTC) yang bertujuan untuk mendidik dan melatih para karyawan. RRI juga didukung penyiarannya oleh Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa.

9

10
http://cbt.baubauonline.net/tugas/detail.php?id=22742_1

RADIO DI ERA DIGITAL

  • Situs Web

Situs Web stasiun radio awal hanya mengalir audio dari siaran analog stasiun. Situs web ini berisi jadwal acara khusus, review film dan album, dan lain sebagainya. Situs web ini, juga dimanfaatkan untuk mencari pendapatan tambahan.

11
Situs Web Prambors – http://main.media-ide.com/2009/11/04/pilih-playlist-musik-sendiri/
  • HD Radio

Merupakan layanan digital yang sangat meningkatkan kualitas sinyal dari stasiun radio terrestrial. Suara yang dihasilkan lebih jernih, contohnya radio HD dengan stasiun FM dapat menghasilkan suara sejernih CD.

  • Radio Satelit

dua perusahaan yang disediakan satelit. radio XM, diluncurkan pada tahun 2001, menawarkan 170 musik dan bicara saluran, kebanyakan dari mereka bebas yang komersial, untuk biaya berlangganan dari sekitar $ 13 per bulan.

12
Radio Satelit – http://www.bppp-tegal.com/v1/index.php?option=com_content&view=article&id=201:manfaat-satelit-bagi-masyarakat-nelayan&catid=44:artikel&Itemid=85
  • Radio Internet

stasiun radio internet dari dua jenis: (1) tradisional over-the-air, yaitu penyiaran yang juga streaming sinyal mereka di Internet dan (2) stasiun internet saja. Masalah terbesar yang dihadapi radio Internet adalah salah satu keuangan. Stasiun web harus membayar biaya untuk pemain musik serta penulis lagu dan komposer (Over-the-air radio tidak membayar biaya untuk pemain.) peraturan baru pada tahun 2007 meningkat biaya yang stasiun harus membayar untuk pemain untuk 8 sen per lagu per pendengar.

  • Radio Ponsel

Seperti di bawah ini, mobilitas dan portabilitas selalu menjadi bagian dari fitur mendefinisikan radio tradisional. Sekarang kedua satelit dan radio internet menjadi lebih mobile. Kedua XM dan Sirius pasar mobil dan di-rumah penerima. Sirius menawarkan “boom box” model, sementara XM menjual miniatur “My Fi” set, tentang ukuran setumpuk kartu, dengan built-in antena satelit.

JENIS RADIO BERDASARKAN FREKUENSI

  • Sinyal AM

Rentang frekuensi AM adalah 500 Hz – 1600 KHz dan panjang gelombang atau amplitudo AM adalah 1600 KHz – 30000 KHz. Jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer. Kelemahan dari sistem AM adalah mudah terganggu oleh gangguan atmosfer dan kualitas suara terbatasi oleh bandwidth yang sempit.

  • Sinyal FM

Rentang frekuensi FM adalah 88 MHz – 108 MHz sehingga dikategorikan sebagai Very High Fequency (VHF). Sedangkan panjang gelombangnya adalah dibawah 1000 KHz sehingga jangkauan sinyalnya tidak jauh. Keuntungan FM antara lain potensi gangguan jauh lebih kecil (kualitas lebih baik) dan daya yang dibutuhkan lebih kecil.

JENIS RADIO BERDASARKAN PENYELENGGARA

  • Radio publik

Dimiliki secara tegas dan dikuasai oleh pemerintah, yang pengelolaanya diserahkan kepada salah satu departemen. Contohnya RRI ditempatkan dibawah Departemen Penerangan.

13
RRI – http://www.kompasiana.com/m.trimanto/hut-rri-ke-70-rri-di-mata-kaum-muda_55f0da22c4afbdc711dc3ecb
  • Radio swasta

Dimiliki oleh perorangan secara komersiil. Biaya untuk kebelangsungan hidupnya berdasarkan periklanan dan pensponsoran. Contohnya di Amerika Serikat terdapat radio NBC.

14
NBC – http://www.nbcsvg.com/
  • Radio Komunitas

Radio Komunitas adalah radio yang dibangun secara gotong royong oleh warga suatu komunitas dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia di daerah tersebut. Peralatan radio yang digunakan dalam model radio ini cenderung sederhana dan tidak mahal, ini terkait dengan jangkauan siarannya yang masih terbatas pada wilayah mereka sendiri (Masduki, 2003). Contohnya adalah radio komunitas milik Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaiu AJR (Atma Jaya Radio).

15
AJR – http://ajr.uajy.ac.id/

PENGERTIAN FORMAT RADIO

Format Radio adalah bentuk keseluruhan isi siaran di sebuah stasiun radio. Contohnya adalah radio musik, radio berita, sport radio, talk radio, dan weather radio. Salah satu fungsi format radio adalah sebagai acuan format pemrograman atau penyusunan acara-acara (programming) jam per jam sebuah radio.

GAYA SIARAN

  • PT Style – Personal Touch/Personality -format siaran yang mengandalkan personalitydan wawasan penyiar untuk menghibur, misalnya dengan humor.
  • DJ Style – Disk Jockey –format siaran yang mengandalkan lagu, merangkai lagu, kurang mementingkan wawasan penyiar karena tugasnya “hanya” mengantarkan lagu-lagu dan terima request Biasanya radio anak muda.

BENTUK PROMOSI YANG PADA UMUMNYA DILAKUKAN

  • Membuat Data / Company Profile
  • Promosi Antar Media
  • Promosi Out Door
  • Event & Entertainment
  • Sponsorship
  • Melalui media sendiri
  • Menggunakan Jaringan Internet

KEUNGGULAN RADIO

  • Cepat dan langsung
  • Akrab
  • Dekat
  • Hangat
  • Sederhana
  • Tanpa batas
  • Murah
  • Bisa mengulang
  • Fleksibel

KELEMAHAN RADIO

  • Selintas
  • Global
  • Batasan waktu
  • Bersifat linear
  • Mengandung gangguan

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

  • Undang – undang no. 32 tahun 2002
  • Dalam peraturan perundangan ini dibahas tentang aturan – aturan penyiaran dan termasuk di dalamnya penyiaran di radio. Sebagai contoh peraturannya adalah sebagai berikut :
  • Pasal 2 Penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum, keamanan, keberagaman, kemitraan, etika, kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab.
  • Pasal 3 Penyiaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.
  • Pasal 4 (1) Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial. (2) Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.

 

 

POJOKAN QUIZ

Konvergensi dan Implementasi dalam Radio, ada;

  1. Konvergensi
1
http://www.kompasiana.com/hanifanw/pengaruh-konvergensi-media-dalam-kehidupan-masyarakat_585bdc7bc323bd181d7b965d

Konvergensi itu sendiri adalah penggabungan atau penyatuan media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan pada satu titik tujuan. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju mengarahkan pada sebuah konvergensi (penyatuan) dalam suatu media masa, salah satunya radio. Radio juga mengalami konvergensi yaitu sebuah penyatuan, misalnya kita bisa menyaksikan televisi melalui teknologi streaming maka kita sekarang juga bisa mendengarkan radio melalui streaming di internet. Maka dengan kemajuan ini, radio masih memiliki potensi untuk terus maju dan berkarya dimana sebelumnya radio terhambat karena jangkauan siaran. Dengan bantuan internet membuat jangkauan radio menjadi lebih luas.

  1. Implementasi

Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan dari sebuah perencanaan yang sudah disusun. Dalam dunia radio juga mengalami implementasi yaitu pada awalnya radio masih menggunakan gelombang elektromagnetik tetapi setelah dikembangkan radio semakin maju dan hingga sekarang radio telah meranjak kedunia internet dimana radio bisa diakses dengan streaming di internet.

  1. Propaganda

Propaganda itu sendiri adalah kampanye (campaign).Contohnya adalah pada masa penjajahan Jepang, Jepang mempunyai semboyan 3A untuk menarik hati bangsa Indonesia. Lalu pada masa orde baru ada swasembada beras.

Propaganda bisa juga disebut sebagai sebagai sesuatu yang kurang baik, agar orang-orang terpengaruh dan mengubah sikap mereka atau mengubah cara pandang mereka (cuci otak).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s