(Resume) Komunikasi Massa Chapter 1

Perspectives on Mass Communication

            Komunikasi dapat terjadi jika seseorang mengirim pesan melalui suatu medium ke seseorang lain atau ke penerima dan menimbulkan suatu efek tertentu. Definisi komunikasi di atas dapat juga disebut komunikasi linear atau komunikasi yang berlangsung satu arah. Contohnya adalah seorang ibu memberi nasihat kepada anaknya tanpa adanya feedback dari anak.

Model komunikasi milik Osgood dan Schram dapat diartikan seseorang mengirimkan dengan memikirkan pesan apa yang akan disampaikan atau encoding, kemudian pesan terjadi pemecahan pesan yang diterima atau decoding, melalui suatu medium. Perbedaan model komunikasi ini dengan model linear adalah adanya umpan balik (feedback), menggunakan intepretasi dengan cara memahami dan menganalisis. Dalam model komunikasi ini mulai timbul gangguan semantik karena dalam proses intepretasi yang dilakukan setiap orang dapat berbeda. Contohnya adalah guru (encoder) dan murid (decoder). Guru memberikan materi pembelajaran kepada murid, dan murid memberikan feedback dengan menanyakan pertanyaan perihal pembelajaran.

Model komunikasi milik Shanon-Weaver dapat diartikan seseorang mengirimkan pesan melalui proses encoding melalui sebuah chanel ke seseorang (penerima) yang melakukan proses decoding. Terjadi umpan balik (feedback) dan adanya interference noise seperti adanya gangguan dari source yang dapat berupa gangguan fisiologis dan gangguan mekanis dari receiver.

Jadi, dari ketiga model komunikasi di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan orang lain melalui suatu media.

Terdapat 8 elemen dari proses komunikasi yang dibagi menjadi 2 proses, yaitu proses pengiriman pesan dan proses penerimaan pesan. Proses pengiriman pesan mencakup 4 hal, yaitu sumber, encoding, pesan, dan saluran. Proses penerimaan pesan mencakup 4 hal lainya, yaitu decoding, penerima pesan, umpan balik, dan gangguan.

Interpersonal communication

Dilakukan antar individu atau dalam grup tanpa bantuan alat mekanis.

 Machine-assisted interpersonal communication

Dilakukan antar individu atau dalam grup dengan bantuan alat mekanis, seperti telepon. Pesan yang disampaikan bisa pesan pribadi atau pesan public.

 Mass communication

Terjadi dalam masyarakat yang lebih kompleks, menggunakan media mekanis dalam menyampaikan pesan ke masyarakat yang heterogen dan tersebar dari berbagai penjuru dunia.

Model komunikasi massa milik Schramm

Model ini menunjukkan adanya umpan balik, baik secara langsung maupun tidak langsung, perlunya teknologi dalam penyampaian pesan.

Media massa

Digunakan dalam penyampaian pesan yang bersifat publik. Media massa memiliki transisi yang meliputi bidang teknologi, ekonomi, dan tren sosial.

Bidang teknologi

Penyampaian pesan sering menggunakan website sebagai medianya, baik untuk komunikasi interpersonal maupun untuk fungsi sosial tertentu. Teknologi internet digunakan untuk penyampaian pesan dari satu orang ke banyak orang, contohnya vlog, dan dari banyak orang ke banyak orang, contohnya website Kompasiana.

Bidang ekonomi

Media massa dibentuk oleh organisasi formal yang bertujuan untuk menyampaikan pesan, namun juga memiliki tujuan untuk mendapat laba sebanyak mungkin. Diperlukan gatekeeper yang bertugas untuk mengedit pesan atau materi sebelum disampaikan ke khalayak public.

Bidang trend sosial

Masyarakat saat ini tidak dapat lepas dari teknologi, seperti handphone, tab, dsb. Sehingga teknologi kini sudah menjadi sebuah trend dalam masyarakat. Hal ini dimanfaatkan oleh media massa untuk menggunakan gadget agar masyarakat dapat lebih mudah dalam mengakses melalui sosial media.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s